Jumat, 12 Januari 2024

Upgrade Skill di Tahun 2024

 

dokumen pribadi
 

Hola Gaes,                                           

Bicara tentang resolusi di tahun yang baru saya rasa kita semua sudah menyusun list untuk pencapaian yang akan kita kejar di tahun 2024 ini ya. Khusus untuk skill atau keahlian, apakah teman-teman semua sudah membuat daftar apa saja yang ingin di raih untuk dikuasai tahun ini juga?

Sebelum menentukan keahlian apa yang ingin teman-teman upgrade ada baiknya kita memperhatikan kira-kira di masa yang akan datang tak jauh dari sekarang. Kemampuan apa yang dibutuhkan pasar. Karena keahlian yang kita asah tentu ada harapan bisa berguna untuk kehidupan kita nantinya.

Selain itu teman-teman juga bisa menimbang dengan kemampuan dan minat pribadi yang teman-teman miliki. Berawal dari hobi bisa juga mendatangkan rezeki. Maka asah lah keahlian itu dengan baik. Berikut beberapa skill yang ingin saya kembangkan di tahun ini mungkin bisa sedikit memberikan inspirasi bagi teman-teman.

 

dokumen pribadi



Kursus Menjahit Baju

Sebetulnya sudah lama saya ingin sekali mengikuti kursus menjahit baju, mungkin teman-teman belum tahu aktifitas sehari-hari saya adalah seorang crafter. Saya mengelola UMKM yang memproduksi tas handmade. Kemampuan saya ya hanya membuat tas saja. 

Di bidang ini saya juga sering diminta mengisi materi pelatihan membuat tas untuk para Penenun Kain Songket dan para Penjahit Baju. Tujuannya agar kain tenun yang mereka produksi atau sisa bahan menjahit pakaian yang ada, bisa di buat produk turunan lagi seperti tas dan dompet. 

Foto bersama peserta pelatihan di kab Sambas


Begitulah kegiatan saya yang walaupun tidak utama karena keluarga adalah prioritas, tapi cukup menyita waktu. sehingga untuk saya sendiri ikut pelatihan membuat pakaian sudah tidak ada waktu nya lagi. Semoga tahun ini saya bisa mewujudkanya dan semoga waktu dan biayanya pun bisa terpenuhi.

  

Salah satu Tas hasil pelatihan kepada Penenun Kain Songket



Mastering English

Untuk kemampuan ini juga saya ingin sekali segera tercapai. Semoga ada waktunya saya secara serius tergabung dalam satu komunitas misalnya yang memiliki tujuan yang sama yaitu fluent in english. Melatih kemampuan berbahasa tanpa lawan bicara rasanya mustahil. Sebenarnya bahasa inggris dalam keseharian keluarga kami bukanlah hal yang asing. Nonton film pun dari jaman sekolah sudah terbiasa subtittle-nya in english juga, begitulah cara orang tua kami membiasakan mengenal bahasa inggris. Hanya yang menjadi kelemahan adalah speaking english yang tidak lancar.

Mungkin kasusnya sama seperti bahasa daerah,  contoh suami saya yang berasal dari suku Bugis, Makasar. Dia paham dan mengerti sekali jika ada yang bercakap-cakap dengan bahasa bugis, namun dia ga bisa berbahasa bugis secara lancar, kaku dan jatuhnya aneh di dengar. Nah persis seperti itulah yang saya alami. Maka dari itu saya rasa solusi terbaik adalah menemukan komunitas yang tepat dan cocok untuk melatih bahasa inggris saya agar lebih lancar.

 

Mastering Yoga

Untuk yang satu ini tentu berguna sekali di masa depan yang tidak terlalu jauh dari sekarang yaitu demi kesehatan.  Memang untuk latihan yoga bisa dilakukan sendiri di rumah dengan melihat youtube. Namun saya merasa tidak sesederhana itu, yoga membutuhkan trainer atau coach untuk mendampingi agar hasil yang didapatpun lebih maksimal. Kebetulan di kota saya ada coach yang bagus yang saya incar, namun lagi-lagi keterbatasan waktu dan biaya tentunya cukup menjadi halangan. Semoga saja tahun ini semua halangan itu bisa teratasi. Bismillah saja dulu ya.

 

Itulah 3 skill yang ingin saya miliki di tahun 2024 ini. 3 saja cukup itupun masih terseok-seok untuk diwujudkan. Kalau teman-teman apa skill yang ingin dicapai tahun ini?

 

5 komentar:

  1. Balasan
    1. makasih kak Winda ^^ next aku pen bikin baju sendiri buat lebaran

      Hapus
    2. awwww..that's cool! semangat berkarya terus kak ning

      Hapus
  2. skill menjahit uda jarang yang bisa lho lho, semangattt belajarnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak semoga bisa jago bikin baju nya nanti yak, amiinn

      Hapus