Rabu, 24 Januari 2024

Kaget, Ga Nyangka Hasil MBTI Sendiri



Hola gaes,

Sesekali kita bahas tentang Mengenal Karakter Diri Sendiri yuk. Bukankah ada pepatah tak kenal maka tak sayang? Nah lebih baik mengenal diri sendiri dulu baru kita bebas terjun ke dunia luar dengan membawa identitas sendiri yang sudah kita pahami betul.

Pentingkah ini? Penting banget dong, kamu harus mencintai dirimu terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain. Jika kamu tahu dan paham betul apa yang kamu butuhkan untuk ‘memberi makan ego’mu sendiri maka kamu ga akan banyak tergantung sama orang lain untuk kebahagian, rasa nyaman dan rasa aman yang memang dibutuhkan manusia untuk mandiri.

Bahkan jika kamu telah mengerti kemana hasratmu menuju, kamu berpotensi bisa membimbing orang lain untuk meraih hal yang sama. Setidaknya memberikan manfaat melalui keahlianmu untuk lingkungan yang tepat, as a take and give.

Misalnya kalau kamu seorang yang berjiwa leader, kebutuhanmu akan pengakuan atas keahlianmu akan mendapat apresiasi dari kelompok yang memang membutuhkan bakat leadership yang kamu miliki. See, egomu terpenuhi nutrisinya, orang lain terbantu mencapai target berkat kemampuanmu mengorganisir. Take and give.

Salah satu cara untuk mengenal karakter diri adalah dengan memanfaatkan tools tes kepribadian MBTI. MBTI adalah tes kepribadian psikometris. Dari tes MBTI ini secara karakter manusia  di kelompokan menjadi 16 jenis karakter. Kelompok paling dasar terbagi dua Ekstrovert dan Introvert. Dua besar ini akan di kerucutkan lagi menjadi lebih detail kedalam 16 jenis karakter.

Teman-teman bisa research sendiri apa saja jenis karakter tersebut, dan silahkan pula mencoba menjalani tes secara mandiri karena banyak platform yang menyediakan tes ini secara gratis lengkap dengan penjelasan hasil tes tersebut.

Hari ini aku akan membahas hasil tesku sendiri. Karakter manakah yang menjabarkan tentang diriku setelah menjawab semua soal dari tes MBTI ini? Ternyata eh ternyata aku adalah seorang ...

ESFJ

Joy tokoh Inside Out yang memiliki karakter ESFJ


Apa Sih, Karakteristik Umum ESFJ

ESFJ : Ekstrovert, Sensing, Feeling, Judging (The Caregiver)

Jujur aku ga menyangka kalo aku itu masuk kategori Ekstrovert gaes, karena aku orangnya lumayan pemalu, lebih ke malesan sih ketemu orang. Tapi memang jika ada potensi bergaul dengan situasi baru, lingkungan baru aku lumayan menanti-nanti kan hal itu. Contoh waktu sekolah aku senang dikirim ke acara pelatihan OSIS antar sekolah se-Kalimantan misalnya. 

Waktu kuliah juga pernah ikut pertemuan Mahasiswa Hukum se-Indonesia, dan aku ga ada keraguan sama sekali saat dipilih untuk berangkat ke Balikpapan saat itu, malah excited banget. Tapi jika disuruh maju untuk presentasi atau apalah yang judulnya belum aku kuasai materinya aku minder banget. Disini aku mikir mungkin aku introvert. Jadi ya lumayan kaget lihat hasil tes ini aku masuk kategori ekstrovert.

ESFJ juga mencirikan kalo aku orang yang Sensing, artinya memiliki kepribadian yang fokus terhadap fakta serta detail dari pegalaman/interaksi secara langsung. Kalau boleh mengamati diri sendiri aku memang mudah menerima dan percaya apapun yang tersaji di depan mata. Jika dalam perkenalan pertama seseorang ingin di anggap anggun, sopan dan baik hati maka kesan itulah yang aku terima tanpa keraguan sedikitpun. Tentunya sikap ini sesekali membuatku kecewa saat bungkus aslinya terbuka, tapi ya begitulah untuk poin Sensing aku cocok banget.

Baca Juga Hasil MBTI Seru Lainnya dari Genk Rabu Merindu Cerita Asri dan Senandika

Feeling dalam kelompok ESFJ bermakna tipe kepribadian seseorang yang  menilai sesuatu dengan menggunakan emosi. Yup tepat banget sih, aku paling mudah trenyuh akan suatu hal. Sampai-sampai saudaraku bilang, aku orang yang mudah kena hipnotis saking mudahnya aku beli barang ini itu yang ditawarin sales keliling. Apapun itu entah datang ke rumah langsung atau sales camilan yang suka mampir pas kita makan di warung kaki lima, aku pasti beli karena kasian. Mungkin hal-hal begini masuk ke ranah Feeling itu tadi kali ya.  

Terakhir Judging, poin terakhir dalam karakter ESFJ ini merujuk pada tipe kepribadian yang cenderung suka menilai dan lebih tegas mengambil keputusan. Nah kalau ini aku sedikit kurang setuju. Betul aku memang suka menilai sesuatu dengan memperhatikan detail. Tapi untuk tegas mengambil keputusan aku merasa masih kurang. Karena keputusanku masih sering terombang-ambing dan kerap berubah-ubah tergantung beberapa sebab yang mengitari situasi saat itu.

Ciri-ciri Sosok dengan Karakter EFSJ

Meski senang membantu orang lain, ESFJ juga membutuhkan penerimaan yang baik dari pihak lain. ESFJ mudah sakit hati oleh suatu penolakan. Mereka berharap orang-orang dapat menghargai usaha ESFJ dalam berbuat baik. Mereka peka terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain. Mereka juga pandai memberi respon yang cepat dan juga positif.

Individu dengan tipe kepribadian ESFJ biasanya sangat murah hati dan dermawan. Namun, beberapa ESFJ bisa tumbuh sebagai pribadi yang manipulatif dan egois apabila dibesarkan dalam lingkungan yang kurang suportif serta minim pendidikan moral.

ESFJ secara alami pandai untuk memahami orang lain karena mereka adalah pengamat yang cermat. Mereka sering terdorong untuk mendukung potensi terbaik dari seseorang. Banyak kalangan merasa tertarik pada ESFJ karena mereka pandai membuat orang lain lebih mencintai diri sendiri.

ESFJ juga memiliki keinginan kuat untuk melakukan kontrol atas lingkungan mereka. Pengorganisasian, perencanaan, dan penjadwalan membantu mereka merasa menguasai medan di sekitar mereka.

Kelebihan ESFJ

  • Terorganisir dan teratur.
  • Praktis dan dapat diandalkan.
  • Baik dan setia terhadap orang lain.
  • Jeli terhadap hal-hal detail.
  • Tanggap mengerjakan tugas hingga tuntas.
  • Senang membantu banyak orang.
  • Sering memotivasi orang lain.

Kelemahan ESFJ

  • Terlalu sensitif dengan kritik.
  • Sering mencari persetujuan dan pengakuan orang lain.
  • Terkadang lupa dengan kebutuhan diri sendiri.

Jadi itulah penjelasan singkat mengenai karakter ESFJ yang ternyata ada dalam diriku gaes, kalau kalian mencoba tes ini kira-kira apakah sama semua ciri tersebut ada pada kalian atau ada beda-beda dikit, nih?

2 komentar: