Jumat, 19 Januari 2024

Apa yang Bikin Aku Ga Percaya Diri

 

Hola gaes,

Udah sarapan belum? Sekarang disini tuh masih pagi banget tadi pas jalan beli sarapan, nemu pedagang musiman yang lagi gelar lapaknya untuk jual buah durian. Pontianak emang lagi musim duren gaes. Pedagang tadi malah ngakunya baru aja nyampe kota nih, mereka datang langsung dari kebun durian yang ada di Kabupaten Tayan, sekitar 6 jam perjalanan lah.

Karena aku beli sarapan di pasar pagi, jadilah ga butuh waktu lama pedagang durian tadi mulai diserbu calon pembeli. Aku pun iseng mendekat pengen kepoin harganya. Eh si abang penjual malah lebih seru untuk di kepoin ternyata. Dia bilang jual murah aja ini bapak ibu, soalnya mau segera pulang karena temannya ditinggal di rumah warga dekat kebun karena kena pamali.

Buat temen-temen yang ga tahu ‘kena pamali’ itu apa, aku jelasin dikit ya. Itu kek semacam kena ‘tulah’ atau karma karena berbuat yang tidak sopan di tempat tertentu. Disini maksudnya si abang penjual tentulah kebun durian yang konong memang ada ‘penunggunya’. Melihat orang-orang yang jadi heboh antara memilih buah durian yang murah atau ingin mendengar cerita si abang, aku malah mikir ni penjual pinter nih, marketingnya.

Eh kok malah rumpi ya. Kembali ke ODOP kita, tema hari ini tuh tentang hal apa yang bikin ga percaya diri.

Apa ya, jarang ga pede sih aku. Tapi dulu waktu sekolah suka ga pede karena tinggi badan, aku emang mungil banget hingga SMA tinggi nyaris 150 ga nyampe berarti kan, berat badan juga nyaris 40, kurus. Itu aja suka males kalo baris upacara pasti disuruh paling depan. Supaya apa sih, biar kelihatan kah? Karna kecil? Hadeh.



Tapi beranjak kuliah aku ga pernah ga pede lagi karena ya emang ga perlu. Justru sering dibilang mungil, imut, lucu, awet muda hehe. Tapi bener loh daripada terpuruk karena ga sama tinggi dengan yang lain aku lebih menerima dikatakan imut tadi.

Lagipula untuk punya temen aku sadari kuncinya Cuma satu, jadi orang yang mereka butuhkan. Aku ga pinter amat dalam mapel, jadi aku bukan tempat nyontek atau orang andalan saat bikin tugas. Bukan itu yang membuat aku dibutuhkan temen-temenku. Tapi aku cukup supel dan berani bersosialisasi dengan guru maupun dosen. Aktif di OSIS dan BEM kampus lumayan disegani ma temen-temen, jika ada kegiatan antar kampus atau pendaftaran untuk dapat beasiswa aku laku keras dong, pada ramah tamah semua.

Di dunia kerja juga begitu, jadilah orang yang paling menguasai pekerjaan itu prinsipku. Selain ga mempersulit diri, melakukan hal yang kita kuasai itu menyenangkan loh. Terkait dengan persoalan berhadapan dengan orang-orang, kenapa pula musti ga pede kalau kita telah bertanggungjawab dengan kerjaan kita apalagi bisa menuai prestasi disana.

Jadilah orang yang sesuai porsinya, begitu prinsipku. Jika kita bukan levelan manajer ga usah ngarep diperlakukan seolah manajer. Jika ekspektasi ga menjulang setinggi langit tentu kita ga perlu grogi apalagi ga pede berhadapan dengan orang lain, kerjakan yang terbaik dan banggalah dengan hal itu, cukup.

Contoh lagi ni, ketemu artis misalnya atau orang yang kita suka/kagumi. Ga perlu merasa ga pede karena penampilan kita ga seperti dia saat itu. Dia ya dia, kita ya kita. Cukup banggalah dengan apa yang kita punya saat ini karena inilah pencapaian kita. Jika tu artis atau orang lain menanggapi remeh atau ga suka itu urusan mereka dengan selera mereka. Jika kita disambut baik, diterima dengan sopan ya alhamdulillah, hari ini dapat pengalaman menyenangkan hati.

Jadi gitu ya temen-temen, bicara soal ga percaya diri untuk fisik aku udah lama mengabaikannya. Gimana dengan kalian?

 

 

 

3 komentar: