Sabtu, 27 Januari 2024

Nasihat Terbaik

 

Hola gaes,

How’s your day? Hope this day mesmerized you more than yesterday.

Bicara tentang hari yang indah, aku jadi teringat beberapa kenangan bersama saudara waktu kecil dulu. Rasanya masa kecil selalu menjadi momen yang dirindukan. Hidup dengan bebas, ceria, main, main dan main. Tak sabar menunggu hari berganti hanya untuk bertemu teman-teman dan memulai pertualangan baru.

Tema menulis hari ini tentang nasehat terbaik yang pernah kita terima. Yah, nasehat terbaik yang aku dapatkan adalah dari ayahku sendiri. Beliau selalu mengingatkan untuk saling membantu sesama saudara, maksudnya disini adik beradik. Karena hingga hari tua nanti kalian hanya akan bergantung kepada saudara kalian. Sedekat apapun dengan sahabat atau kerabat mereka tetaplah orang lain yang punya prioritas sendiri.



Hingga hari ini aku bersyukur atas nasehat itu kami 5 bersaudara selalu menjaga kedekatan satu sama lain. Tak jarang mendengar kisah teman yang kecewa atas perlakuan saudara sendiri, semakin dewasa semakin menjauh. Bertengkar justru semakin mendekatkan kami semua, menangis mempertahankan ego, merenung menyesali perkataan yang menyakiti justru membuat kami saling memahami.

Berpegang pada nasehat ini, kami belajar untuk tak terlalu perduli omongan orang lain. Yang penting saudara dan keluarga inti. Jika ada masalah dan musibah tak pernah berharap bantuan orang lain, tak terbiasa mengemis. Tak pernah meminjam uang kepada orang lain. Cukuplah kami berlima, dengan Allah sebagai penolong utama.

Nasehat ini pula yang aku teruskan untuk kedua anak-anakku. Semoga mereka kelak saling bahu membahu meniti masa depan bersama. Mandiri dan tak tergantung dengan orang lain.

Bagaimana dengan kalian gaes, nasehat apa yang masih kalian gigit hingga hari ini?

 

 

2 komentar: