Rabu, 17 Januari 2024

Tips Tetap Sehat Saat Musim Penghujan Di Tanah Borneo


Hola gaes,

Apa kabar kalian hari ini? Di kota Pontianak masih bisa dikatakan musim hujan di bulan Januari ini. Dalam seminggu minimal kami diberkahi curah hujan sebanyak tiga kali. Meski demikian ciri khas Bumi Khatulistiwa yang panas terik selalu menyelingi rinai hujan di tiap harinya. Untuk pengusaha laundry maupun ibu-ibu rumahan tak perlu khawatir cucian tak kering, inilah salah satu karunia terindah bagi kami di Kalimantan, panas diselingi hujan tak pernah jadi keluhan.

Walau kami sudah terbiasa dengan perubahan cuaca yang ekstrim dari panas terik ke hujan lebat yang terjadi dalam sehari, namun tetap saja rumah sakit ramai pengujung karena imunitas tubuh orang berbeda-beda daya tahannya. Saat ini antrian berobat dipenuhi pasien dengan keluhan Flu disertai demam tinggi, DBD atau Demam Berdarah dan Penyakit Cacar. Tentu saja pasien terbanyak pada usia anak-anak.

Lantas bagaimana kami menjaga kesehatan di musim hujan seperti ini? Berikut tips yang bisa teman-teman simak.


Olahraga dan Tidur yang Cukup

Dua kegiatan ini adalah keharusan dan syarat mutlak jika ingin menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit. Tidak perlu melakukan olahraga berat. Cukup berjalan kaki minimal 45 menit yang penting rutin dilakukan, pun tak harus setiap hari dalam seminggu berolahraga 4 kali sudah memenuhi kebutuhan akan olagraga.

Demikian juga tidur. Usahakan tidak bergadang, baik itu karena pekerjaan maupun karena drakoran. Tidak baik ya teman-teman. Efek pertama yang paling nyata terlihat jika kamu kurang tidur adalah warna kulit yang layu tak segar dan kusam. Mau semahal apapun kosmetikmu tak akan mampu menutupi wajah yang pucat dan lelah. So, tidurlah yang cukup.


Konsumsi Sari Kurma

Mungkin karena cuaca panas di negara kita tercinta Indonesia, menjadikan buah yang berasal dari tanah Arab ini begitu cocok bagi DNA kita. Apalagi kota Pontianak yang berlintasan langsung dengan garis Khatulistiwa panasnya matahari terasa pol maksimal.

Mengkonsumsi buah kurma yang sudah di haluskan serupa sirup kental yakni sari kurma adalah salah satu tips ringkas untuk menjaga kesehatan. Sari kurma ini sangat kaya nutrisi, mengandung antioksidan, menstabilkan gula darah, baik bagi asam lambung, meningkatkan kinerja otak bahkan baik untuk meminimalisir resiko kanker. Rutin meminum Sari Kurma setiap hari tentu membantu daya tahan tubuh hingga tak mudah terserang penyakit.


Menaruh Irisan Bawang Merah Di Sudut Kamar

Tips berikut ini mungkin banyak yang belum tahu, namun kami di Kalimantan Barat sudah turun temurun memanfaatkan bawang merah untuk menangkal beragam penyakit baik yang medis maupun non medis.

Selain sebagai bahan utama bumbu dapur, bawang merah ternyata berguna untuk menjaga kesehatan. Mengandung flavonoid antioksidan yang tinggi bawang merah mempu menyerap virus influenza yang bertebaran di udara. Kandungan ini juga berkhasiat menanggulangi kolesterol, asma, demam dan menurunkan resiko kanker.

Cukup letakkan irisan bawang merah di dalam mangkuk kecil dan taruh di beberapa sudut rumah kalian, terutama di dalam kamar. Ganti setiap 3 hari agar polusi udara di dalam rumah menjadi bersih dari segala macam virus dan efek negatif lainnya.


Saat kecil saya ingat betul setiap ada yang demam, kami selalu memanggil tukang urut bayi untuk menangani siapa saja yang sedang sakit. Selain diurut sebelum pulang kami selalu dibekali bawang merah yang sudah dibelah dua dan disuruh diletakan di atas bantal dekat kepala si demam, hingga bawang mengering barulah boleh dibuang.

Dulu mikirnya untuk mengusir hantu yang mengganggu anak-anak hingga terkena sawan dan berakhir demam. Ternyata sekarang ini baru banyak artikel tentang irisan bawang merah dan manfaatnya. Apalagi saat Covid 19 kemarin berbondong-bondong orang melakukan tips irisan bawang merah setelah ada testimoni pemilik toko yang seluruh karyawannya tetap sehat dan aktif karena ia selalu meletakkan banyak irisan bawang merah di setiap sudut ruang tokonya.

Jadi, itulah tiga tips utama yang bisa saya sampaikan dan yang memang biasa saya lakukan untuk menjaga kondisi kesehatan di musim hujan. Bagaimana dengan teman-teman semua?

 

 

 




5 komentar:

  1. Waah terimakasih tips-tips nya kak, semoga kita semua sehat selalu yaaa

    BalasHapus
  2. poin ketiga saya baru tau sih, btw makasih tips nya kak...

    BalasHapus
  3. Wah baru tau tips yang ketiga itu, padahal banyak banget di daerahku bawang merah, karena khas nya bawang merah

    BalasHapus
  4. Irisan bawang, aku baru tau nih kak..

    BalasHapus