Senin, 22 Januari 2024

Menu Favorit di Musim Hujan

 

Hola gaes,

Sekarang di kotamu sedang musim apa? Tapi di negara kita cuma ada dua musim ya kalo ga musim hujan ya musim panas. Meskipun hanya dua musim, tapi negara kita punya banyak hal lain yang sangat beragam kan, ya. Contohnya jenis kuliner, bicara soal makanan Indonesia adalah surganya beragam menu masakan. Bagaimana tidak kita adalah negara yang buminya subur dan kaya akan rempah-rempahan, sayur dan tanaman. Belum lagi sebagai negara kepulauan kekayaan laut kita luar biasa anugerahnya.

Musim panas dan musim hujan pun tak begitu mempengaruhi menu masakan yang tersaji di rumah menurutku. Karena kita tak seperti di negara lain yang perbedaan cuaca saat perpindahan musim sangatlah ekstrim. Musim panas di negara Jepang misalnya mereka menjalani hari seperti kita pada umumnya namun ketika musim dingin tiba, salju pun turun menandakan cuaca yang sangat dingin hingga mereka membutuhkan penghangat dalam keseharian. Tentu saja makanan pun akan berubah jenisnya saat pergantian musim. Tapi tidak di negara kita, bukan?

Namun jika boleh membahas apa kira-kira makanan yang nikmat di santap saat musim hujan berikut beberapa menu yang bisa jadi pilihan. 

Sop Tulang Kacang Merah

Sop Tulang

Ini wajib dalam list pertama, Sop Tulang dengan isian lengkap plus tomat, kentang dan taburan daun bawang serta bawang goreng aduh ini nikmat banget. Juara dari segala juara. Saat cuaca dingin menyantap sop tulang selagi panas merupakan kenikmatan tiada tara. Kuahnya yang kaya citarasa kaldu dari daging tulangan sangat memanjakan lidah. Gurih dari menu ini tiada tandingan kalo menurut saya. Meski harganya terbilang mahal namun sebandinglah dengan rasa yang kita dapatkan.

Soto Bening Segar


Soto

Menu soto di Indonesia sangat beragam, di masing-masing daerah punya menu soto dengan ciri khas masing-masing. Rasanya yang segar biasa di lengkapi dengan perasan jeruk nipis menambah cita rasa gurih dengan sentuhan rasa asam. Bagi teman-teman yang suka pedas, tentu irisan cabe rawit tak boleh ketinggalan. Sajian soto sendiri tak hanya bisa dinikmati di musim hujan di hari-hari kapanpun tetap nikmat menyantap masakan ini. 


Bakso

Bakso

Menu berikut ini termasuk makanan yang kapan saja dan dimana saja bisa kita temukan. Bakso bisa dibilang menu jajanan. Setiap hari pun bisa kita santap saat menginginkannya. Untuk membuat sendiri di rumah juga bisa, bumbunya tidak terlalu banyak, bulatan bakso juga bisa kita bikin sendiri jika di rumah tersedia blender untuk menggiling daging. Tapi jika ada yang lebih simpel dan ga repot yaitu beli seharga dua puluh ribuan, kenapa tidak. Apalagi saat hujan deras tinggal pesen melalui kurir, beres.


Shabu-shabu


Shabu-Shabu

Lanjut ke menu berikutnya yaitu Shabu-shabu, ini agak di level yang sedikit ke atas sebab untuk menyantap menu ini biasanya kita harus ke restoran terlebih dahulu. Tidak seperti bakso, menu ini sepertinya hanya bisa kita dapatkan di rumah makan atau restoran. Untuk mengolah sendiri pun rasanya cukup ribet mengingat isian shabu-shabu ini cukup beragam. Mulai dari irisan daging mentah, sayuran. jamur simeji, cuka nya dan lain-lain, sepertinya lebih ringkas jika kita mengunjungi langsung ke restorannya bersama keluarga. Jelas nikmatnya lebih terasa saat kita menyantap bersama  keluarga tercinta. 


bagaimana dengan kalian, apa menu andalan disaat musim hujan? bikin sendiri ataukah langsung ke restorannya, nih?

9 komentar:

  1. Di rumah lagi musim durian mbak Ning hahaha, yuuklah ngebakso bareng kita, udah ngeces ini hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini juga musim durian, membludak banget

      Hapus
  2. Aku tim shabu-shabu kak, sukanya pesan online terus masaknya dibagi dua krn banyak kan itu. Misal beli utk dinner, setengah aj kuahnya dan isiannya dimasak, sisanya dikulkasin buat besok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pasti ga habis sekali hadap kak, krn isiannya banyak kuahnya juga mesti banyak, bener itu jadinya di bagi dua buat besok lagi

      Hapus
  3. Soto emang nikmat, disantap sambil nnton YouTube kala hujan

    BalasHapus