Jumat, 26 Januari 2024

Tips Agar Lebih Produktif Menulis


Hola gaes,

Apakah keinginan kalian sama sepertiku? Ingin menerbitkan setidaknya satu buah novel. Jika iya maka kita harus menempuh prosesnya mulai dari sekarang. Menulis.

Sebenarnya aku juga baru memulai untuk tekun menulis. Niat ini sudah dari 5 tahun lalu inginku wujudkan bahkan beberapa teman seperjalanan menulis dulu, sudah memiliki minimal 5 buah novel yang telah terbit baik cetak maupun tayang di beberapa platform menulis.  Sedangkan aku? Sungguh ter, lam, bat.

Sempat lama terpuruk but its okay, i start it anyway. Jadi kalau diminta untuk memberikan tips produktif menulis rasanya kurang tepat karena aku sendiri baru di tahap memulai. Tapi jangan sedih, aku akan tetap mencoba memberikan yang terbaik. Bisa googling toh? Nah berikut beberapa tips yang aku rasa cocok dan aku rangkum untuk kalian agar kita lebih produktif dalam menulis.


source


Tentukan Satu Motivasi Kuat

Kalian harus punya tujuan mengapa harus menulis, apa cita-cita yang ingin kalian raih dalam hal menulis? Kalau aku ‘uang’. Harapan dasar mengapa ingin menerbitkan setidaknya satu buah novel adalah ‘uang’. Aku ingin kesenanganku membaca dan akhirnya terjun di kepenulisan bisa membuahkan hasil. Selama ini hanya keluar uang untuk membeli novel atau isi koin demi bisa menyelesaikan cerita yang aku baca. Sudah saatnya aku yang memperoleh penghasilan dari kegiatan menulis. So, inilah motivasiku sehingga kembali memulai menulis.

Buatlah Target

Setelah memiliki motivasi kalian harus memiliki target. Bisa apa saja, misal target dalam setahun harus punya penghasilan dari menulis sebesar 100 juta rupiah. Silahkan saja, feel free untuk menentukan targetmu sendiri. Kalau aku selama berproses aku punya target di tahun 2024 ini terbit satu novel ku. Jika dalam perjalanannya mengalami perkembangan, alhamdulillah. Tapi tidak untuk perubahan target apalagi kemunduran. I’ve been there before, no more failure.

Menulis Setiap Hari

Cobalah lakukan ini, apapun kendala dan kesibukanmu setiap harinya, fokus dan tabahkan dirimu meski lelah, mentok, mumet, tetap konsisten untuk buka laptop dan menuliskan ceritamu. Sebuah penelitian mengatakan, konsisten selama 21 hari berturut-turut maka tubuhmu akan mengenal rutinitas itu, akan terasa ada yang kurang jika tidak dilakukan. Konsisten selama 40 hari akan membentuk alam bawah sadar secara permanen tentang kegiatan berkala yang terus kita lakukan. Jadi teruslah menulis setiap harinya.

Ikuti Komunitas Menulis dan Pelatihan Menulis

Ini seperti yang saya lakukan sekarang, masuk dalam komunitas penulis blog dan tulisan ini pun adalah tema menulis harian One Day One Post. Temukan teman sejalan agar kalian tetap semangat dan termotivasi untuk mencapai target kalian. Berbagai informasi dan ilmu mengenai penulisanmu akan mudah kalian dapatkan jika terbagung dalam komunitas yang sesuai. Ikut lomba menulis juga boleh, ikut pelatihan menulis di beberapa tempat juga pasti menambah manfaat dan circle dalam dunia menulis.

Membaca Buku

Ide nya seorang penulis itu banyak dan luas sekali, kejadian antri di kereta saja bisa memunculkan ide menulis. Tapi untuk mengeksekusi ide tersebut dalam bentuk tulisan dari mana dasar keahliannya kalau bukan dari membaca. Biasakan tetap membaca buku, karena skil menyampaikan isi di kepala tidak lah mudah jika kita tidak membiasakan merekam gaya bertutur melalui apa yang kita baca. Nikmati prosesnya raih manfaatnya.

Jadi inilah beberap tips yang bisa aku rangkum untuk kalian semua, kalau kalian, apa kira-kira tips yang bisa kalian bagi untuk aku agar semangat menulis tetap terus terjaga?

 


4 komentar:

  1. Kl di target lebih semagat ke kita nya ya kak, mau ga mau harus nulis.

    BalasHapus
  2. Bersama komunitas bikin kita lebih termotivasi emang kak, setuju.

    BalasHapus
  3. memang harus punya target, harus dipaksa biar produktif

    BalasHapus
  4. Membaca buku emang penting banget bagi seseorang yang menggeluti penulisan

    BalasHapus