Selasa, 23 Januari 2024

Rawat Kulitmu Sama Dengan Merawat Mentalmu

Hola gaes,

Kalian tahu ga, meski ada istilah “Dont Judge Book by it Cover” tetep aja sebagai manusia secara naluriah kita menilai seseorang dari penampilannya dulu. Bener apa benerrr? Ga hanya menilai orang lain kita juga menilai diri kita dari fisik dulu kok, ayo ngaku siapa yang suka ga pede dengan diri sendiri. Merasa pendek lah kalo ini aku sendiri, sih hehe. Lalu ada juga yang merasa kurang mancung, kurang tampan, mata terlalu sipit, jerawatan dan banyak lagi yang itu tanpa kita sadari kita telah memBully diri sendiri loh.

Terus-terusan mengatakan kekurangan itu pada diri sendiri sama aja membully kan. Kena mental ga lama-lama? Kena lah, trus mulaaai, mulai deh mendiagnosa diri sendiri aku menderita anxiety, aku ada OCD, aku begini, aku begitu dan cari-cari kambing hitam mengorek inner child. Gaes, Stop it!

Jika semua orang ada kesempatan dan waktu untuk mengorek luka batinnya, kita semua punya itu bibit anxiety. Semua orang punya kecemasan dalam hidupnya semua orang juga tertatih-tatih menjalani hari dengan segala kekurangan dan ketakutannya sendiri.

Poinnya adalah jika kamu terlalu fokus pada kekurangamu maka itulah yang terjadi, malah akan semakin parah dengan tiba-tiba mengaku menderita Skizofernia misalnya. Tapi jika kamu lebih fokus dengan kelebihanmu, jangan bilang ga ada, ADA! Kamu pasti punya kelebihan maka temukan dan asah itu. Maka selanjutnya kamu ga akan punya waktu untuk nyari-nyari inner child dan lain-lain. Waktumu akan tersita untuk seru menggali potensi diri, asyik  berbagi dengan sesama dan dikejar waktu untuk menggapai target dalam hidupmu.

Lah kok jadi kesini obrolannya ya?  biarin lagi sebel sama orang yang menutupi kemalasannya dengan beribu alasan penyakit mental. Orang kalo lahir normal, sehat, fisik aman, kok ya malah nyari-nyari penyakit. Ga malu apa sama anak-anak yang sejak lahir memang memiliki kelainan genetik yang sejak masa petumbuhannya udah terhambat mengalami berbagai delay toh mereka berjuang keras untuk bisa hidup setara dengan kita yang normal dan sehat lahir batin.

Wokeh tema hari ini gimana sih supaya kita itu nambah percaya diri dan ga malas bergaul dan berinteraksi dengan orang banyak? Jangan melulu bilang anxiety lalu mogok maju skripsi, lah itu lagi yak, hehe.

Nih salah satu tips buat kalian belajar memuji-muji diri sendiri, bangga sama apa yang ada pada diri kalian. Rawat tuh kulit biar kinclong, glowing semriwing bikin pangling. Minimal kalo ngaca tiap hari jadi malu-malu sendiri liat wajah kok ya licin, bersih, cerah bersinar. Jadilah tu memulai hari dengan energi positif yang terbawa hingga sepanjang hari selama beraktifitas.

Apa Tips nya?

Air Putih Murni


Minum air putih

Minumlah air putih minimal 2 liter sehari. Hindari habit yang merusak kesehatan semisal merokok apalagi yang cewek apasih yang lu banggain dengan merokok?  ntar dah nikah vitalitas menurun ga bisa layani suami di ranjang nangees, disuruh cerai ma mertua karna ga bisa punya keturunan streess, balas dendam heleh, lu aja yang ga cinta ma diri sendiri dari semula.

Bad habit lainnya yang merusak kesehatan kulit adalah begadang, kurang tidur dan terlalu lama di ruangan ber AC. Dua hal ini biasanya terkait sama kondisi kerja ya. Jadi pandai-pandailah mengaturnya karena kadang memang ga bisa dihindari, kecuali merokok. Bisa banget tuh ga usah merokok sejak awal sebenernya.

 

Skincare


Kasi Makan yang Layak Kulit Kita

Kulit juga butuh nutrisi, dalam hal ini aku ga bicara makan makanan sehat ya itu mah emang udah wajib. Khusus kulit kalian beli kek sunscreen minimal buat dipake tiap hari, dan saran dari expert kecantikan sunscreen ini baik diaplikasikan setiap 4 jam sekali. Jadi ga Cuma pas mau keluar rumah aja baru pake ya, malam hari pun baik untuk dikenakan.

Selain sunscreen jika memang cocok tambah lagi pelembab, juga cream siang malam untuk menutrisi kulit wajahmu sedang badan bisa gunakan body lotion sehabis mandi. Sekarang banyak produk untuk pria juga kan, jadi jangan mau kalah ni yang cewek-cewek ya. Usahain rajin juga.

 

Perawatan Rutin

Istiqomah dalam Melaksanakan Ritual Perawatan

Ini yang paling penting kalo menurut aku ya karena ini juga yang sebenarnya sulit tuk dilakukan. Ritual perawatan kulit ga hanya di salon ya gaes. Di rumah aja, salah satunya yang harus kalian lakukan adalah membersihkan make-up atau bersih-bersih wajah di malam hari sebelum pergi tidur. Kenalan semua cream yang dibutuhkan saat itu. Jika ini bisa istiqomah aku yakin kulit juga akan nurut untuk tetap bersih dan bersinar.

Jadi itu aja tips dari aku dalam rangka merawat kesehatan kulit. Karena dari awal aku juga bahas tentang mental health, kepercayaan diri, aku yakin jika kita mencintai diri kita sendiri dengan cara merawat diri salah satunya, itu merupakan cara kita untuk bertahan hidup di dunia yang keras ini kawan. Singkirkan hal-hal yang berpotensi menghambat fokus sama kelebihan diri dan gunakan itu untuk melalui hari dengan hebat.


3 komentar: