Senin, 29 Januari 2024

5 Hal Receh Bikin Mood Berantakan


Hola gaes,

Apa kabar kalian hari ini? Jemuran aman? Maklum masih hitungan musim penghujan Januari ini. Di Pontianak juga masih sering turun hujan meski cuaca juga tetap panas. Alhamdulillah jemuran harus ektra diperhatikan sebab hujan dadakan sering datang memporak-porandakan hati emak-emak dimanapun berada.

Bicara suasan hati yang porak-poranda hari ini kita bahas tentang mood swing yuk. Jika kalian merasa mood sering berubah dari senang tiba-tiba turun dan berantakan begitu juga sebaliknya, itu bisa dikatakan kalian mengalami mood swing. 

Jika hal ini sering terjadi dalam kurun waktu yang konstan dan mengganggu aktivitas sehari-hari,  ada baiknya kalian mencari bantuan, sebab bisa jadi ini gejala adanya gangguan kesehatan mental. Tapi jika masih bisa kalian kendalikan dan tidak terlalu berefek pada kerjaan dan lingkungan sekitar mungkin pergi refresing atau berhenti sejenak untuk istirahat dapat mengembalikan mood yang lebih baik.

Aku sendiri sepertinya tidak pernah mengalami perubahan mood yang tiba-tiba tanpa suatu alasan yang, megalodon . Namun jika ditanya apa hal yang bisa memancing perubahan mood berikut beberapa hal yang bikin moodku berantakan.


Tangisan Anak-anak

Entah kenapa kalau mendengar suara anak-anak menangis moodku auto spaning naik darah. Itu waktu mereka kecil dulu ya, karena ini udah pasti ada sesuatu yang terjadi. Entah mereka bertengkar dan saling pukul lah, entah ada yang jatuh dan dalam bahaya dan lain sebagainya. Sampai sekarang pun masih seperti itu, pernah suatu malam aku mendengar isak tangis diam-diam di kamar gadis kecilku.

 Ini langsung  overthinking ya, dia kenapa? Apa ada kejadian di sekolah yang aku ga tahu,  di bully kah? Di marahin guru atau apa, atau malah marah sama aku ibunya, tapi ga berani ngomong. Duh cemas banget, begitu memutuskan untuk menghampiri ke kamarnya, tau-tau dia tuh lagi ngikik mainan hp di bawah selimut. Karena kalo malam emang aku larang mainan hp di jam tidur, auto mood swing ga tuh. Kalo gini se-kasur-kasurnya bakal aku bikin swing kemana-manaaa.




Kamar Berantakan

Ini lagi, kok ya susah ngasi tau baik suami dan anak-anak untuk rapihin kamar sebelum pergi. Selimut digulung gitu aja, pakaian kotor berjejalan di sudut kamar. Meja belajar ampun dah, ntar kalo aku beresin kok ya marah. Susah menemukan barang yang di perlukan katanya. Padahal kan udah rapi tinggal buka-buka aja laci dan kotak yang ada disitu. Eh malah jadi alesan malas belajar karena semua barangnya raib ga ada di tempat katanya, ih aneh sih anak jaman sekarang ya.

Tumpukan Setrikaan

Ibu-ibu siapa yang suka menyerah kalo liat tumpukan setrikaan angkat tangan! Ah ini salah satu pekerjaan rumah yang aku ga bisa setrong menghadapinya. Ringkas minta bantuan jasa gosok aja kalo udah menumpuk kayak gini. Kejadian ini seringnya muncul di musim penghujan gini saat jemuran hari lalu reuni dengan jemuran hari ini. Pulang kerumah meski nenteng seblak favorite juga kalau pemandangan pakaian yang belum disetrika terpampang nyata, mesti bikin sakit kepala.

Tidak Pulang Tepat Waktu

Dari kecil aku selalu diajarkan pulang sekolah langsung ganti baju dan makan siang. Ga boleh nyangkut main di rumah tetangga atau apalah. Bahkan jika ada les tambahan sepulang sekolah ibuku akan izin ke wali kelas supaya aku boleh pulang dulu untuk makan, karena jarak rumah ke sekolah juga dekat jalan kaki ga sampe 3 menit sampai.

Jadi kebiasaan ini terbawa dalam aturan rumah tanggaku sendiri. Anak-anak harus pulang dulu, suami juga biasa pulang untuk makan siang sama-sama.  Jadi kalau ada yang telat atau malah sampai sore baru pulang apalagi sampai malam aku cemas banget, rasa ga tenang walau udah tau dan dikasi kabar mereka lagi dimana ada urusan apa. Ini seharian mau ngapa-ngapain jadi bimbang.




Lampu Mati

Ini aku rasa siapapun bakal mati gaya kalo lampu mati ya. Wifi ga jalan, kuota terancam boros, karena anak-anak ga mau rugi kuota hp nya bolong, jadilah minta tethringan dari HP emaknya. Aduh ga relaaaa. Selain itu, listrik mati juga menghambat kerjaanku yang lain as a crafter. Menjahit Tas juga butuh konsentrasi dan waktu yang konstan, jika dipaksa berhenti di tengah jalan saat lagi fokus-fokusnya itu bener-bener bikin mood turun. Ga boleh ada yang nanya-nanya gunting kuku dimana, kalo ga mau diungkit-ungkit kesalahan masa lalunya.

 

Jadi itulah beberapa hal yang bikin moodku berantakan, receh ya. Iya. Mungkin nanti temen-temen ada yang membahas sebab moodswing yang lebih berat dan lebih ilmiah dari sisi psikologisnya, aku bagian yang receh aja.

See you around gaes, Salam sehat mental!


2 komentar:

  1. Tumpukan setrikaan emang bikin suasana hati berubah seketika,, udah ga bisa bilang apa apa kl lihat itu, bawaannya emosi jiwa. hehehehe.

    BalasHapus
  2. Ahhh lampu mati emg bikin mati gaya ya kak, ga bs ngapa2in, apalagi kl smp seharian.

    BalasHapus