Rabu, 10 Januari 2024

Arti Rumah Bagiku

 


Arti ‘rumah ‘ bagi setiap orang mungkin sama, yaitu tempat tinggal satu keluarga. Namun jika ditanya ‘Makna Rumah’ bagi mereka apa, bisa jadi setiap orang memiliki jawaban yang berbeda. Saat ini bagiku yang sudah berkeluarga rumah adalah tempat aku menyambut keluarga kecilku dengan kehangatan dan penuh harapan atas keberkahan dan kebahagian bagi suami dan anak-anakku setiap harinya.

Rumah sendiri sebenarnya memiliki makna yang begitu luas dan mendalam. Rumah adalah tempat sebuah keluarga mengukir kenangan. Setiap sudutnya penuh goresan sejarah tentang cerita penuh tawa bahkan tangis. Rumah membersamai tumbuh kembang anak-anak hingga mereka dewasa. Menemani dua pasangan muda yang sama-sama belajar menjadi sandaran satu sama lain ketika memutuskan untuk membangun sebuah keluarga.

Pasangan ini kemudian terbata-bata dalam membesarkan serta mendidik buah hati mereka. Semua serba pengalaman baru yang tak jarang mendapat kritikan dan penilaian tak adil dari pihak luar. Tetap saja rumah adalah tujuan pulang ternyaman.

Sebagai seorang anak akupun memiliki kenangan yang indah akan rumah masa kecilku. Masih terngiang jelas suara tawa serta riuhnya suasana saat keluarga besar berkumpul dalam peristiwa kecil yang bahagia.

Saat pulang ke rumah orangtua tentu banyak kenangan yang saat ini tak banyak bisa terulang. Salah satunya menyantap masakan ibuku. Hanya barang-barang peninggalannya yang masih ada namun tak mampu mengobati rindu. Justru rindu itu semakin dalam saat membuka lemari berisi barang kesayangannya yang tak mampu kami singkirkan.

Kenangan seperti itulah yang sekarang ingin ku ukir di dalam hati anak-anakku. Walau hingga saat ini belumlah pantas dibilang jago memasak, minimal ada satu dua menu yang ku afirmasikan terasa enak di lidah mereka, hehe, maksa ga sih. Rasa enaknya musti pake afirmasi sambil melotot pulak bilang ‘enak’ nya. Ah anak-anakku, rasanya tak ingin mereka lekas dewasa ingin mereka selalu manja dengan ibu dan ayahnya seperti sekarang ini. Tapi life must go on, kelak mereka akan mengukir cerita mereka sendiri, sebagai orang tua hanya bisa menjadi tangki kasih sayang yang tak pernah habis untuk mereka.

Bagaimana dengan kalian? Apa arti rumah bagi kalian teman?

 

10 komentar:

  1. Hai Kak Ning, setuju banget. Setiap sisi rumah pasti mengukir sejarah. Semoga selalu berbahagia ya.. aamiin

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. bener banget kak Eka, kenangan yang di kangeni

      Hapus
  3. Kenangan yang sungguh terukir di kepala. Baca tulisan kakak membuatku semakin ingin dekat keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga berusaha sebisa mungkin selalu luangkan waktu untuk keluarga yang masih ada

      Hapus
  4. Baca tulisan kakak bikin aku rindu dengan almarhum kakek nenekku

    BalasHapus
  5. Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga sebagai tempat berkumpul dengan keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. fungsi sejatinya rumah ya,kalo tinggal sendiri namanya nge-kost ^^

      Hapus