Minggu, 14 Januari 2024

Lucky Being Indonesian People

 

Hola Gaes,

Ga terasa hari ini minggu ke dua kita menjalani One Day One Post kita ya, perjalanan kita tinggal separuh lagi beres. Aku berharap sekali bisa tuntas menyelesaikan ODOP ini yang akan menjadi program menulis 30 hari pertama yang berhasil hingga finish. Baru separuh jalan aja halu ku ketinggian yak, bismillah aja lah.

Tema hari ini kita menuliskan 5 hal yang kita syukuri tinggal di Indonesia. Wah, tema ini sebenarnya relate sama tema yang sebelumnya saat kita diminta menuliskan beberapa hal yang kita syukuri. Aku menuliskan ‘Live in Indonesia’ adalah salah satu hal yang aku syukuri. Inilah sebab-sebab yang membuat aku merasa beruntung sekali menjadi orang Indonesia.


Sumber Foto



Sangat Kaya Akan Budaya dan Adat Istiadat

Sebagai satu-satunya negara kepulauan terbesar di dunia Indonesia memiliki keberagaman budaya yang begitu indah. Dengan ciri khas masing-masing setiap daerah ini, ajaibnya mengusung ide kamanusiaan dan moral yang tinggi. Jadi kemanapun kita berkunjung tak perlu merasa khawatir perasaan selalu diterima selayaknya keluarga selalu terpatri di dalam hati. 

Beragam budaya mulai dari adat istiadat, petuah, syair, lagu daerah, tarian, masakan, pakaian dan lain-lain Indonesia adalah surga nya keberagaman. hal ini sangat membaggakan sebab di negara lain tak sekompleks seperti di negara kita. bahkan ada negara yang tak punya tarian khas atau bahkan pakaian kedaerahan. Kita benar-benar kaya kawan. 


Orangnya Lucu-Lucu

Yup, orang Indonesia itu lucu-lucu. Tak terbantahkan bisa dilihat konten-konten yang tersaji di sosial media, yang setiap hari kita scrol. Ada saja kelakuan warga bumi pertiwi yang bikin harimu penuh tawa. Hal ini menurutku tak lepas dari kreatifitas orang Indonesia yang begitu tinggi. Sepertinya orang Indonesia selalu mampu mengambil hikmah dalam setiap kejadian. Sepelik apapun masalah yang dihadapi kita terbiasa menjeda sejenak untuk sekedar melihat dari sudut yang berbeda agar bisa sekedar mensyukuri hal kecil yang teejadi. 

Jika dibandingkan negara lain tingkat stress di negara kita tak sebanding dengan tingkat perekonomian negara mereka. Korea dan Jepang misalnya kurang maju apa teknologi dan ekonomi rakyat mereka. Tapi kasus bundir mereka yang paling tinggi dewasa ini. See, jika kalian paham, humor adalah proses penerimaan dan kepasrahan yang tertanam dalam DNA orang Indonesia sebagai senjata istimewa melawan dorongan untuk menyerah atas ujian hidup. Mungkin humor hari ini begitu sarkastik, tapi cukup ampuh setidaknya untuk menertawakan diri sendiri yang kurang bersyukur atas nikmat lain yang kita miliki.


Bumi Yang Subur Lagi Indah Menawan (Surga Dunia)

Waktu sekolah saya ingat ada istilah bahwa Indonesia adalah negara yang tanahnya berasal dari sejumput tanah dari Surga yang Tuhan lemparkan ke Bumi. Saking suburnya tanah di negara kita hingga penggambaran seperti itu seolah di amini banyak orang. Banyak tanaman dan rempah-rempah yang hanya ada di negara kita dan tak ditemukan di negara lain belum lagi hasil kekayaan laut kita, hutan yang rimbun beserta flora dan faunanya. Serta bonus luar biasa berupa pemandangan indah di berbagai wilayah.


Makanan Yang Enak-Enak

Terkait dengan keberagaman budaya tadi kuliner di negara kita sangatlah beragam dan hampir semuanya memiliki cita rasa yang terkenang-kenang bagi siapapun yang mencicipi. Bagaimana tidak lezat, negara kita adalah juragannya rempah-rempah. Beragam bumbu masakan khas setiap daerah menjadkan menu yang istimewa pula. Tak heran satu menu bisa memiliki berbagai versi seperti Soto, ada soto banjar, soto betawi, soto madura, soto makasar dan masih banyak lagi.

Jadi ga usah jauh-jauh kalau ingin liburan, saya sendiri bercita-cita untuk mengkhatamkan keliling Indonesia untuk bertemu langsung dengan berbagai macam orang dengan budaya berbeda dan tentu saja mencoba menu-menu khas yang ada disana.

2 komentar:

  1. Sama kak, saya juga pengen banget bisa keliling Indonesia, banyak banget tempat yang belum dikunjungi. Ahhh jd kepikiran konten buat tema hari ke 16 ya. Hehe

    BalasHapus