Senin, 08 Januari 2024

10 Jajanan Favorit Di Kota Pontianak

Halo gaes

Tema hari ini menuliskan 10 makanan favorit. Ah seru sekali One Day One Post kita ini ya. Untuk urusan kuliner memang ga akan ada habisnya. Waktu awal ingin membuat blog sebenarnya niche yang ingin aku geluti adalah blog khusus untuk wisata kuliner, sebab di kota kelahiranku Kota Pontianak ini sebenarnya sangat kaya akan beragam makanan khas yang enak-enak.

Hal itu tak lepas dari beragamnya suku budaya yang ada di bumi Khatulistiwa ini. Adapun lintas budaya disini berasal dari suku Melayu, Jawa, Padang, Dayak, Cina, Madura dan lainnya yang tersebar hingga ke pelosok kota Pontianak.

Jika ke jogja kalian akan membawa pulang Bakpia sebagai oleh-oleh khas Jogja, Bika Ambon dari Medan, Tart Susu dari Bali maka jika ke Pontianak jujur saya bingung hendak merekomendasikan apa. Tentu ada yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas seperti permen lidah buaya, agar-agar lidah buaya dan jenis lain produk turunan tanaman lidah buaya yang memang tanaman ini hanya tumbuh suburnya di tanah Kalimantan Barat.

Tapi jika ditanya apa yang dirindukan jika melancong ulang ke kota Pontianak saya yakin menu makanan favorit saya ini yang terbayang-bayang untuk segera disantap saat menjejakan kaki disini. Berikut 10 jenis makanan atau lebih tepatnya menu jajanan favorit yang bikin ga betah lama-lama stay di kota orang dan ingin segera balik kampung :

Berikut 10 makanan Favoritku

1.       Bubur Pedas

Bubur Pedas adalah masakan khas dari Kabupaten Sambas. Sambas adalah wilayah yang sebelum kemerdekaan RI merupakan wilayah dengan Kerajaan sendiri. Keraton Sambas adalah satu dari sembilan Kerajaan yang ada di Kalimantan Barat, yang kemudian menyatakan bergabung dengan kesatuan Negara Republik Indonesia disaat perang kemerdekaan mulai di perjuangkan.

 

Orang Sambas memiliki bahasa suku tersendiri dan tentunya makanan khas yang turun temurun diwariskan salah satunya Bubur Pedas. Konon masakan ini dulunya hanya boleh disajikan untuk keluarga kerajaan namun seiring waktu menu ini bahkan bisa didapatkan di luar Kabupaten Sambas.

 

Bubur Pedas adalah campuran beragam jenis sayuran konon mitosnya harus 100  jenis sayuran yang dimasak dengan beras yang telah dihaluskan bersama bumbu khusus sehingga teksturnya nanti seperti bubur berisi sayuran. Namun sekarang sekitar 10 jenis sayuran saja sudah cukup dan sudah sangat enak di lidah. Rasa khasnya terdapat pada Daun Kesum dan Daun Kunyit dalam campuran bumbunya. Di rebus dengan tulangan daging sapi kemudian tersaji dengan taburan  ikan teri dan kacang goreng melengkapi rasa gurih yang sungguh nikmat di lidah.

 

2.       Sotong Pangkong

 

Ulasan tentang sajian ini bisa baca Disini

Lebih tepatnya Sotong Pangkong ini adalah jajanan bukan masakan yang tersaji untuk membuat kenyang. Sotong yang telah dikeringkan kemudian dibakar hingga matang lantas di pangkong (dipukul-pukul) dengan menggunakan palu hingga tekstur sotong menjadi lembut bahkan bisa disuir-suir lalu dicelupkan kedalam kuah khas sebelum disantap dengan nikmat. Kuah khasnya sendiri ada dua jenis, kuah kacang pedas, dan kuah udang ebi manis yang tidak terlalu pedas.


Uniknya lagi jajanan ini hanya ada dan membludak disaat bulan suci ramadhan. ada satu sudut jalan khusus yang di sepanjang jalan ini berjejer gerobak para penjual Sotong Pangkong lengkap dengan meja kursi atau sekedar lesehan tempat nongkrong para pembeli menghabiskan malam bahkan hingga waktu sahur tiba. Jalan Merdeka selalu ramai setiap harinya bagai pasar malam di kota lain, sehabis tarawih biasanya orang-orang mulai berdatangan untuk menikmati Sotong Pangkong dan menu jajanan lain yang juga tersedia di keramaian itu.

 

3.       TauSwan

TauSwan adalah jajanan khas orang cina, biasanya yang menjual ini adalah orang cina saja. Tentu saja jaminan halal sudah di uji. Selain itu Tau Swan juga bukan makanan berat yang gurih, TauSwan berbahan dasar biji kacang kedelai yang dimasak dengan gula pasir. Disajikan panas hingga menghasilkan tekstur seperti makan bubur kacang dengan toping potongan roti kering yang sedikit asin mengimbangi rasa bubur kacang yang manis.

 


TauSwan biasa ditemukan di pagi hari saat orang mencari sarapan sehabis lari pagi atau di malam hari teman nongkrong disekitar warung kopi. Sensasi mengunyah kacang kedelai yang manis dipadu taburan roti asinnya sungguh memanjakan lidah, luar biasa enak.

 

4.       Chaikwe

Dari namanya sudah jelas ini juga masakan khas cina. Lagi-lagi jaminan halal juga sudah teruji dong ya. Orang cina di pontianak selalu menyertakan info halal di restorannya. Ada juga khusus resto tidak halal dan disitu mereka sama sekali tidak menyediakan menu halal jadi tidak tercampur-campur demi menghargai umat muslim di kota yang memang beragam penduduknya ini.

 

Selain itu saking enaknya, sekarang ini tidak hanya orang cina yang mengolah dan menjual Chaikwe ini banyak orang melayu dan muslim juga menjual jajanan ini jadi pilihan tempat untuk menyantap chaikwe sangat banyak. Tampilan Chaikwe mirip jalangkote atau korket yang dikukus, isian orisinilnya adalah irisan bengkoang yang ditumis dengan sayur kucai dan udang ebi disajikan dengan cocolan cabe yang pedas dan gurih. Selain bengkoang isian Chaikwe juga ada tumisan kucai, kacang merah, keladi dan kacang kedelai. Semua enak tergantung selera, kalo aku suka yang orisinil sedang suami pasti only makan yang isian keladi.

 

5.       Kembang Tahu

Kalau ini mungkin di setiap daerah mengenal menu kembang tahu. Yaitu minuman air tahu lengkap dengan kembang tahu nya yang seperti agar-agar yang keseluruhannya berbahan dasar tahu kacang kedelai.

Jajanan ini juga sebenarnya khas jajanan orang cina namun seiring waktu banyak orang melayu yang menjual ini juga dengan rasa yang hanya beda-beda tipis, hampir sama malah. Jadi sudah banyak pilihan untuk mendapatkannya dimanapun dan kapanpun. Kalau aku sukanya saat musim hujan atau cuaca dingin, dimakan selagi hangat sangat nikmat apalagi ketika kembang tahunya pecah dimulut aduuh lembuuut selembut hatiku yang syahdu.

 

6.       Soto Banjar

Masakan khas orang banjar ini sebenarnya jarang ada dijual di kota Pontianak. Ini menjadi favoritku karena mungkin susah didapat ya. Hanya kalau kakakku sendiri yang bikin maka aku akan kalap menyantapnya hehe. Ada beberapa yang jual ini tapi rasanya tak seenak yang di olah kakak sulungku yang mendapat resep dari iparnya.


Karena aku sendiri ga pernah mau tahu proses masaknya seperti apa jadi aku ga bisa begitu menggambarkan menu ini secara detail, lagi pula makanan ini juga bukan khas dari kotaku teman-teman mungkin sudah tau seperti apa soto banjar ini.

Jadi aku suka karena kakakku yang masak. Begitu ditelepon  bahwa dia sedang masak Soto Banjar apapun kegiatanku hari itu sesegera mungkin dalam tempo yang sesingkat-singkatnya aku langsung berangkat kerumah Kakakku tercinta yang cantik tiada tara.

 

7.       Coto Makasar

Nah kalau ini masakan asli dari suku bugis makasara tak lain dan tak bukan adalah mertuaku sendiri. First time mencoba menu ini adalah hasil masakan mertua. Saat itu aku langsung mabuk kepayang dan tanpa berlama-lama aku berpikir harus menguasai resepnya. Alhamdulillah jika pun harus masak sendiri aku yakin suami pun akan sangat menikmati sebagaimana jika ibu nya yang memasak. Ya gimana tidak saat proses memasakpun aku dibersamai mertua hehe.

 

Ini enak bangettttttt, bumbunya yang super banyak dan beragam jenis tentu saja jadi penentu rasanya yang sangat luar biasa. Kalau aku suka pakai daging tulangan lebih gurih lebih lemak kata orang sini dan sangat sangat bikin ketagihan. Jika di makasar asli  cotonya memakai jeroan sapi seperti usus, babat, hati dan lain-lain kalau aku cukup daging sapi saja dan tulangannya. Biar rasanya ga terlalu pekat dan tidak terlalu mengundang bung kolesterol.

 

8.       Mie Asin

Ini juga sebenarnya masakan khas cina ya gaes, tapi menu ini juga banyak dijual non cina sebagai menu sarapan pagi biasanya. Jika umumnya orang biasa sarapa pagi dengan bubur ayam , di pontianak sunggguh surganya kuliner. Menu semi kenyang seperti ini di pagi hari sangat banyak. Ada juga mie sagu, nasi kuning, nasi uduk, bakso ikan, kimlo, mie rebus dan lain sebagainya.


Kalau aku untuk sarapan semi kenyang sukanya mie asin. Seperti bakso, kuahnya sangat kaldu dengan toping ikan teri dan kacang goreng, yang mahalan dikit plus irisan daging atau tulangan. Bintangnya si mie asin ini. Mie nya memang asin ya gaes, sebelum di rebus dengan kuah kaldu mie ini harus dicuci hingga minimal 3 kali ganti air untuk meredam asinnya. Jangan lebih dari itu jika asin nya hilang bukan mie asin lagi namanya

 

9.       Mie Tiaw Goreng

Lagi-lagi masakan khas cina ya, habis mau gimana lagi memang enak mene mereka itu. Dan di pontianak suku cina memang banyak disini. Rata-rata mereka juga pedagang. Malah ada satu kota di kalimantan barat ini yang penduduknya mayoritas suku cina yaitu Kota Singkawang. Dulu kabupaten sekarang otonomi daerahnya sudah naik pangkat menjadi Kota, tak heran walikota nya pun dari suku Cina juga.

 

Aku suka mietiaw goreng karena rasanya yang gurih dan irisan dagingnya yang melimpah ini cocok juga dimakan di malam hari selagi panas sungguh nikmat. Banyak juga rumah makan melayu yang menyajika menu ini tak kalah nikmatnya jika orang cina yang menyajikan. Oya disini banyak juga cina muslim ya jadi untuk menu-menu masakan cina sudah banyak pilihan mau makan dimana. Pontianak memang seberagam itu budayanya.

 

10.   Sate Madura

Ini makanan yang aku cari di malam buta saat jalan-jalan malem bareng suami. Kami kerap menyisir malam hanya sekedar mencari angin dan menikmati suasana lengang kota Pontianak sambil ngobrol ngarul ngidul di atas sepeda motor. Salah satu  jajanan pinggir jalan yang masih buka hingga jam 12 malam ya Sate madura ini. Mungkin dari segi rasa tidak begitu istimewa, sate ya sate disajikan dengan lontong dan bumbu kacangnya. Tapi yang membuat ini menjadi favorit adalah momen yang tercipta saat dinikmati bersama orang paling special dalam hidupku. Kenapa hingga saat ini jalan malam seolah menjadi rutinitas kami berdua mungkin karena dulu saat masih gadis aku tidak pernah keluar malam sebab ada mandor dirumah yang super galak yaitu Bapak hehe. Tapi aku bersyukur karena penjagaan super ketat dari Bapak dulu menjadikanku memiliki momen seindah ini bersama suami. Kemanapun aku mau dia selalu siap membonceng.

 

Wih panjang juga ya nge list 10 jenis makanan. Kalau temen-temen sendiri makanan favorit nya apa nih?


12 komentar:

  1. Hai kak nining ! Aku juga suka topik kuliner, apa lagi bisa tahu menu makanan dari Indonesia 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Kak Mizah sudah pernah ke indonesia kah, cobain menu sajian khas disini yuk

      Hapus
  2. saya juga suka soto banjar. Wahhh sesama kalimantan nihhh

    BalasHapus
  3. Kayanya aku belum pernah coba soto banjar Kak. Kl di Pontianak beli dimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kalo beli masalahnya belum nemu warung yg enak kak, tadinya di depan Matahari Mall, tapi skr udah tutup kak. Di Mega Mall ada juga kak di Foodcourt nya

      Hapus
  4. wah ada tambahan ilmu nama makanan ini.. makasih banget lho.. nanti kalau aku jalan-jalan ke Pontianak akan balik ke postingan ini deh kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kesini kak surganya kuliner lintas budaya dan semua ada versi halal nya

      Hapus
  5. Aku penasaran dengan tau swan, wahhh, next time bisa nih kulineran ke Pontianak

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak banget kak Asri ringan dan manis kek bayik mpus

      Hapus