Kamis, 11 Januari 2024

Cara Terbaik Menghabiskan Uang 5 Milyar Versiku

 


Hola gaes,

Tema menulis hari ini sangat menarik sekali yaitu tentang apa yang kamu lakukan jika mendapat uang 5 Milyar. Apa dong? Bingung ga sih? Kalo saya ga bingung gaes, dengan catatan uang ini memang uang yang didapat secara Cuma-Cuma ya, hasil dapat hadiah misalnya atau warisan dari keluarga jauh yang kita ga pernah tahu.

Karena uangnya juga uang kaget tanpa jerih payah sebelumnya untuk mendapatkannya tentu berbeda perlakuan jika uang ini memang hasil jerih payah ya. Jika demikian maka ada beberapa hal yang akan saya lakukan dengan uang tersebut, berikut ini.

Nabung

Pertama tentu saja di keluarkan yang wajibnya dulu yaitu 2.5% sesuai aturan dalam agama Islam untuk disedekahkan. Selanjutnya segera setelah itu uangnya saya tabung sejumlah Rp. 900 juta saja. Kenapa hanya segitu? karena sesuai aturan perpajakan tabungan nasabah sejumlah 1 Milyar keatas maka pihak Bank akan melaporkan data pribadi nasabah tersebut ke Kantor Pajak dan instansi terkait seperti OJK dan lain-lain demi kepentingan negara.

Aturan ini bertentangan dengan komitmen Bank dalam hal kerahasian data nasabah ga sih? Tapi ya namanya pemerintah kalau sudah bikin peraturan mau gimana lagi kan ya. Karena ga mau ribet sebab uang ini kan tadinya uang hadiah ya, bukan uang hasil usaha yang sedang berjalan, dari pada stres diusut sana sini maka untuk tabungan cukup segitu ajah. Beda cerita kalau kita  memang punya usaha atau bisnis dengan omset milyaran  tentu saja harus taat pajak ya gaes.


 

sumber foto


Saudara Paling Utama

Setelah ditabung uang tersebut akan saya bagikan kepada saudara-saudara saya, kami 5 bersaudara. Saya akan kasih kakak-kakak saya dengan budget 2 Milyar. Karena kami adalah anak yatim jadi alangkah baiknya menyantuni anak yatim bukan?

Jumlah pembagiannya nanti tidak akan sama rata, nilai paling besar akan saya berikan untuk kakak saya Yatim 2. Kenapa yatim 2 paling besar karena beliau masih tinggal bersama dan merawat satu-satunya orang tua kami yang masih ada. Yatim 2 ini kakak yang paling tegas di rumah bahkan Yatim 1 manut aja sama beliau. Setiap ada persoalan besar kami selalu menggantungkan pada Yatim 2 untuk mencari solusi karena kami percaya keputusannya pastilah yang terbaik untuk semua. So,  1 Milyar untuk Yatim 2.

Selanjutnya untuk Yatim 1 kakak sulung saya yang sudah janda ini akan saya kasi 500 Juta agar dia bisa membuka usahanya sendiri yang bisa dijadikan sandaran hidupnya kelak bersama anak-anaknya. Yatim 1 si paling melankolis, si lembut hati dan mudah menangis. Hanya melihat tempat kerja adiknya yang jauh di desa dengan kondisi jalan yang buruk aja Yatim 1 bisa menangis berhari-hari membayangkan adiknya yang berjuang hingga ke pelosok demi mencerdaskan anak bangsa.

Kemudian Yatim 3 kakak laki-laki satu-satunya akan saya kasi 150 juta saja. Dia udah kaya badewey, uang segini mah buat dia senang-senang aja sama anak istrinya. Lagian dari kecil kami ga begitu dekat. Mungkin karena di rumah dia lelaki satu-satunya bisa dibilang, jadi dulu emang sudah sering merantau, jarang di rumah entah nginep dimana yang jelas orang tua kami tak pernah melarang, jika ditanya selalu jawabannya ‘biarlah toh anak lelaki ini’ jadi ya begitulah.

Sisanya 350 juta untuk kakak saya yang terakhir Yatim 4. Karena Yatim 4 adalah kakak yang paling dekat dengan saya, pun dari segi usia kami hanya selisih 2 tahun. Waktu kuliah juga saya sering nyamperin ke kampusnya, walau ga minta dia pasti traktir indomie rebus special pake irisan daging, pasti mahal waktu itu tapi dia ga pernah hitung-hitungan. Hingga sekarang pun meski sudah menikah semua, Yatim 4 adalah yang paling ringan tangan, masih saja tanpa diminta sering memberi sangu untukku. Untukku ya, bukan ke anak-anakku tapi untuk adiknya ini si Yatim5 yang sepertinya selalu menjadi adik kecilnya yang dia jaga hingga kapanpun. Ihiks.


Happy Kiyowo

Trus uangku sisa berapa tadi gaes? Hehe. Anggaplah  mendekati 2  Milyar ya. Ini akan aku gunakan untuk keluarga kecilku. Sebagian besar akan aku investasikan dengan membeli aset sebagai tabungan untuk anak-anakku nanti. Dan sisanya untuk kami mengukir kenangan bersama di masa sekarang, berlibur misalnya, mengunjungi satu dua kota yang indah di indonesia. Sesekali tanpa beban menghabiskan uang untuk membeli bahagia bersama keluarga kecilku.

Jadi itu saja sih yang akan aku lakukan jika punya uang kaget 5 milyar. Kalau kalian bakal untuk apa uang segitu gaes?

10 komentar:

  1. Berbagi dengan saudara emang yg paling utama ya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak eka, pertalian darah ga akan bisa hilang

      Hapus
  2. berbagi sama saudara is the best lah

    BalasHapus
  3. Masyaallah, dahulukan keluarga yang terdekat ya kak.

    BalasHapus
  4. Setuju kak, selain untuk diri sendiri teringat juga dengan saudara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, sampai kapanpun hanya saudara dan keluarga yang paling setia

      Hapus
  5. setuju banget , pembagian yang adil dengan alasan tepat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masing-masing orang kondisinya berbeda ya kak

      Hapus