Minggu, 11 Februari 2024

Review Novel Love Van Java

 Hola gaes, 

Kali ini aku ingin mengajak kalian baper berjamaah dengan membaca novel karangan penulis lokal dengan genre drama romantis berlatar budaya jawa.


Judul : Love Van Java

Penulis : Patrick Kellan

Penerbit : Patrick Kellan Publisher

Tahun terbit : Juli 2019

ISBN : 9786239085537

Tebal : 262 halaman


Blurb:


Wulan seorang gadis desa yang polos dan seringkali bersikap konyol bernasib beruntung karena akan dinikahi Raden Mas Arun, putra tunggal sang adipati desa. Pemuda itu dikenal sebagai pribadi yang dingin, tapi sangat bertanggung jawab. Banyak Gadis yang tergila-gila padanya. 


Masa sulit bukan hanya sampai disitu, Wulan harus tinggal di kediaman sang Adipati menjelang pernikahan mereka. Di sana ia harus menghadapi ibu mertua yang judes, juga menghadapi kecemburuan gadis cantik yang ternyata adalah tunangan dari sang Raden.


Sementara pemuda dari kota yang mengalami kecelakaan dan ditemukan Wulan di sungai, akhirnya malah menguak kejahatan yang selama ini ditutupi oleh keluarga Wulan.


Masihkah Raden Mas Arun berniat menikahi Wulan setelah mengetahui masa lalu kelam gadis itu tentang rahasia besar yang disembunyikan oleh seluruh keluarganya?


My Review: 


Patrick Kellan atau yang lebih dikenal sebagai PK (bang Peka) sebetulnya telah banyak menerbitkan novel dengan genre romance seperti Love Van Java. Namun di setiap cerita yang ia sajikan entah kenapa para tokohnya selalu nempel di kepala. 


Bang Peka memang sangat piawai menciptakan tokoh dengan karakter yang kuat dan unik. Pada LVJ sendiri tokoh Wulan diceritakan sebagai gadis polos dengan segala tingkah randomnya. Kita segera jatuh cinta pada keluguan wulan yang baik hati dan seolah hidup tanpa beban. Pembaca sungguh tak rela jika wulan dijahati orang. 


Kemunculan jodoh tak disangka-sangka yaitu Raden Mas Arun sendiri benar-benar seperti versi pangeran berkuda putih idaman para gadis desa. Alur cerita sebenarnya umum kita dapati di novel lainnya tentang kisah cinta beda kasta yang mendapat konflik dari rasa dengki para pesaing kemudian ujian mengambil hati mertua galak sangat sering kita temui kan.


Namun cerita semainstreem apapun ditangan bang Peka akan tampil memukau dan orisinil dengan gaya bertuturnya yang begitu khas. Keunggulan lain dari karya-karya Peka adalah pesan moral yang selalu ia sisipi dalam ceritanya. LVJ mengajarkan arti persaudaran yang begitu berharga, tentang ketabahan dan ketulusan yang pada akhirnya akan memenangkan pertarungan. LVJ juga sarat akan pesan tentang perjuangan cinta yang meski dikejar sejauh manapun jika bukan tambatan hatimu maka mengikhlaskan adalah jalan terbaik.


Adegan yang paling ditunggu-tunggu setiap membaca karya Peka tentu saja kekonyolan demi kekonyolan para tokoh yang begitu mengalir dan mengocok perut. Peka juga terkenal sebagai kang bikin baper para pembacanya. Di LVJ ini dijamin kalian akan senyum-senyum sendiri atau menitik air mata sepanjang membaca.


Yuk tunggu apa lagi segera pinjem novel temenmu kalo ga beli langsung ke penerbitnya yuk .


1 komentar:

  1. Kakk Ning, latar cerita novel ini sendiri itu tahun berapa yaa Kakk? Sebagai pembaca yang suka nerima spoiler, boleh dongg Kak spoiler ke aku hihi

    BalasHapus