Rabu, 21 Februari 2024

5 Vokalis Band yang Pergi Secara Tragis (Mental Health Issue?)

 Hola gaes, 

Pagi ini aktivitasku ditemani beberapa lagu lawas di tahun 90-an. Entah kalian mewakili generasi apa tapi mudah-mudahan pernah denger beberapa lagu dari grup band seperti Nirvana, Soundgarden dan Linkin Park. Lagi asyik menikmati lagu-lagu band ini baru teringat bahwa vokalis dari ketiga band tadi nyatanya telah meninggal dengan kisah yang cukup tragis yaitu dengan mengakhiri hidup mereka sendiri. 

Kesehatan mental adalah issue yang sangat gurih dibahas sekarang ini namun tidak di era ketika para vokalis ini masih bisa berkarya. Percayalah kawan ketika kita merasa hidup kita sulit dan merasa hidup para selebritis itu sangat nyaman dengan segala ketenarannya, plis think twice.

 

Mengapa Semakin Tenar Semakin Rentan?

Kesehatan mental yang rentan bagi selebritas terkait dengan berbagai faktor. Pertama, tekanan untuk tampil sempurna dan mempertahankan citra yang sempurna di hadapan publik dapat menimbulkan stres yang luar biasa. Selain itu, paparazzi yang invasive, komentar negatif dari media sosial, dan ekspektasi yang tinggi dari penggemar juga dapat memperburuk tekanan tersebut.

Ketika seseorang mencapai tingkat ketenaran yang tinggi, privasi mereka seringkali terancam. Mereka mungkin merasa terjebak dan kehilangan kendali atas hidup mereka sendiri. Selain itu, kesempatan untuk memiliki hubungan sosial yang nyata dan sehat juga dapat terbatas karena ketenaran mereka yang menyebabkan isolasi dan kesendirian.

That's why ada beberapa kasus mengakhiri hidup sendiri di kalangan selebritis yang kita pikir hidup mereka sudah sempurna dan impian banget. Berikut rangkuman informasi tentang 5 vokalis band terkenal di dunia yang meninggal secara tragis. 

1. Kurt Cobain (Nirvana)


Vokalis legendaris band Nirvana, Kurt Cobain, ditemukan tewas di rumahnya di Seattle pada tahun 1994. Kematian Cobain dikonfirmasi sebagai bunuh diri dengan tembakan senjata api.

Cobain adalah ikon grunge yang mempengaruhi musik rock secara signifikan pada era 1990-an. Tragisnya, masalah kesehatan mental dan kecanduan narkoba telah menjadi fokus perhatian sebelum kematiannya.

Beberapa lagu terkenal Nirvana seperti The Man Who Sold The World, Come As You Are dan Something In The Way rasa-rasanya masih saja terus terngiang hingga hari ini.


2. Chris Cornell (Soundgarden, Audioslave) 


Chris Cornell adalah vokalis utama dari Soundgarden dan kemudian Audioslave. Pada tahun 2017, ia meninggal secara tragis di usia 52 tahun.Kematian Cornell disebabkan oleh bunuh diri dengan cara gantung. Ia adalah salah satu vokalis paling dihormati dalam industri musik rock, terkenal karena suara yang kuat dan lirik-lirik yang mendalam.

Siapa sih yang ga tahu lagunya yang berjudul Like A Stone, vibe suaranya yang berat laki banget benar-benar mencirikan genre rock yang kental. Selain itu masih ada Show Me How To Live, Be Your Self, dan lainnya yang masih bisa kalian nikmati


3.  Chester Bennington (Linkin Park)

Chester Bennington, vokalis utama dari band Linkin Park, mengakhiri hidupnya pada tahun 2017 di usia 41 tahun.

Bennington bunuh diri dengan cara gantung. Kematian tragisnya menyebabkan kehilangan besar dalam dunia musik, karena ia dikenal karena suara yang kuat dan kemampuan vokal yang unik.

Lagu-lagunya seperti Numb, In The End, Somewhere I Belong dan One More Light sepertinya terlalu membekas di memori. Banyak yang meniru gaya bernyayi Chester tak sedikit pula yang memparodikannya kala itu namun ini hanya menegaskan betapa tipe vokal yang ia usung terlalu membekas di hati banyak orang.


4. Ian Curtis (Joy Division)

Ian Curtis adalah vokalis utama dari band post-punk Inggris Joy Division. Pada tahun 1980, ia ditemukan tewas di rumahnya pada usia 23 tahun.

Curtis meninggal akibat bunuh diri dengan cara gantung. Meskipun karirnya singkat, warisan musiknya dengan Joy Division tetap mempengaruhi banyak artis dan penggemar musik.

Mungkin lagu-lagu Ian Curtis sendiri tak banyak dikenal di era sekarang ini namun kalian tetap bisa menelusuri beberapa karya indahnya seperti Love Will Tear Us Appart, Disorder, dan She's Lost Control yang lumayan ternama di negara asalnya kala itu. 


5. Simone Battle (G.R.L.)

Simone Battle adalah vokalis dari grup pop G.R.L. yang terkenal. Pada tahun 2014, ditemukan tewas di apartemennya di usia 25 tahun.

Meskipun tidak sepopuler vokalis lain dalam daftar ini, kematian Battle tetap mengejutkan banyak penggemar musik. Penyebab kematiannya adalah bunuh diri.

Beberapa lagu yang dibawakan Simone Battle adalah Girls Are Always Right, Show Me What You Got dan Dont Talk About Love .


Baca juga kisah tentang dunia musik di RumahCerita Asridan Bea Senandika

Tentunya kepergian beberapa vokalis ini adalah suatu kehilangan besar bagi dunia musik . Tak hanya para penggemar, industri musik juga kehilangan sosok kharismatik yang sangat berpengaruh dengan karya-karya indah dan inspiratif yang pernah mereka berikan. 

Untuk kita semua sadari bahwa ketenaran bukanlah segalanya dan bahwa kesehatan mental haruslah diutamakan. Penting sekali menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi semua individu, tak terkecuali para selebritis dan tentunya kamu, iya kamu.

Suport system yang baik dan hangat dari orang terdekat seperti keluarga teman dan sahabat sangatlah penting, bahkan para penggemar pun sebetulnya dapat mengambil posisi ini. Dukungan serta kata-kata penyemangat yang mengalir melalui sosial media bisa jadi dapat mengurangi sedikit rasa kesendirian bagi mereka.

Yuk, tetap berpegangan tangan. Aku yakin dengan upaya bersama, kita dapat memperkuat kesehatan mental dan kesejahteraan bagi semua orang, tanpa terkecuali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar