Jumat, 09 Februari 2024

4 Novel Fantasi Dengan Latar Masa Kerajaan Lampau

Hola gaes,

Pernah ga kalian berimajinasi tinggal di dunia peri atau hidup di zaman kerajaan kuno itu gimana sih? aku sering membayangkan memiliki cerita sendiri hidup di dunia yang segala sesuatunya masih mengagungkan alam. Kebijakan para raja adalah titah yang paling tinggi, berkuda atau menunggangi naga adalah transportasi terbaik. Seru sekali rasanya. 

Tentu saja semua itu hanya bisa kita nikmati melalui imajinasi orang lain yaitu penulis novel cerita fantasi, hehe. Sejak lama aku suka membaca beberapa kisah fantasi yang lumayan epic. Baca aja udah kayak nonton film saking seru dengan alur yang menarik tidak membosankan.

 

Selain alur cerita yang gegap gempita, gambaran akan latar cerita, suasana alam sekitar hingga budaya dan ritual masyarakat dalam cerita sangat memukau. Kita benar-benar disuguhkan kisah dari dunia yang berbeda, ini yang membuatku selalu terpesona.

Jika kalian ingin merasakan berpetualang di beberapa negeri fantasi berikut 4 novel yang bisa aku rekomendasikan untuk kalian.



Series A Game Of Thrones, George RR Martin

Kalian pasti tahu serial Game of Thrones bahkan mungkin salah satu penggemar film ini pada masa tayangnya dulu. Film yang dibesut bedasarkan novel karangan  George RR Martin menceritakan perebutan kekuasaan para raja dari beberapa klan keluarga kerajaan yang berkuasa saat itu. Clash of Kings sendiri adalah salah satu dari seluruh rangkaian novel selain A Song of Ice and Fire, A Feast for Crows, A Storm of Swords dan A Dance with Dragon. 

Seperti biasa baca novel sebenernya lebih seru dibanding nonton film, ini menurutku ya. Karena di novel cerita lebih detail alur juga disampaikan dengan lebih rinci dan jelas. Kita seolah dibawa masuk ke dunia antah berantah dimana naga masih diagungkan keberadaannya setelah dianggap punah akibat dibantai secara masiv oleh klan yang tak menginginkan para penunggang naga kembali berkuasa. 

Intrik perebutan kekuasaan begitu mencengangkan, politik yang kental dipaparkan secara gamblang, tak ada teman sejati musuh pun bisa menjadi kawan ketika mahkota kekuasaan dipertaruhkan. Kalian bahkan merasa menjadi pecundang ketika berubah keberpihakan dari satu tokoh ke tokoh lain, atau bahkan merasa putus asa ketika tokoh harapan kalian tiba-tiba end, dipenggal mati oleh kejamnya pengkhianatan. 

Baca cerita ini like a roaler coaster, perasaan kalian benar-benar terombang-ambing kesana kemari alur yang sulit ditebak serta banyaknya tokoh yang ada tapi enath kenapa kalian tak pernah melupakan satupun kisah mereka satu-persatu. layak untuk dibaca sih. 



Series  Eragon, Christopher Paolini

Series ini juga sudah ada film layar lebarnya, jadi bagi kalian yang malas berimajinasi sudah ada visual yang menggambarkan dunia tempat Eragon hidup bersama naga birunya yang bernama Shapira. Diceritakan bahwa Eragon yang tiba-tiba mewarisi seekor naga kemudian terpaksa mengemban tugas berat sebagai seorang penunggang dimana saat itu baik naga dan penunggangnya telah punah akibat kegilaan raja Galbatorix yang kejam. 

Telur naga yang dijaga ketat oleh kaum peri ternyata memilih menetas sekaligus menunjuk Eragon sebagai penunggangnya, sang belahan jiwa. Sejak saat itu kehidupan Eragon sebagai anak dari petani miskin terpaksa berubah, ia dihadapkan pada kondisi dimana ia harus menggulingkan tahta si raja gila. 

Dunia fantasi yang sangat riuh selain Peri dan Penunggan Naga disini juga ada kaum kurcaci dan penyihir keji serta beberapa klan pemberontak yang hidup di dalam goa dan bawah tanah. Pembaca juga dipandu dengan adanya peta yang tersaji di awal halaman novel sebagai gambaran jauhnya jarak pertualangan Eragon demi mengemban takdirnya sebagai penunggang sekaligus menyelamatkan naganya sendiri dari ancaman si raja gila. 

Baca juga rekomendasi beberapa bacaan dari si tukang baca Bea Senandika dan RumahCeritaAsri



Series Three Dark Crown, Kendare Blake

Penulis berdarah Korea yang dibesarkan di Amerika ini menawarkan dunia fantasi yang tak kalah epic dan indah bagi kita. Three Dark Crown merupakan novel trilogi yang mengisahkan tentang tiga saudara perempuan yang harus berjuang sampai mati untuk menjadi Ratu. 

Tiga anak kembar lahir dengan masing-masing membawa bakat sihir yang unik untuk bisa meraih gelar ratu yang memang diwariskan pada setiap kelahiran kembar dari garis keturunan ratu sebelumnya. Mirabela memiliki kekuatan ganas sebagai pengendali api dan badai. Katharine adalah seorang penelan racun, tak ada satu racunpun yang dapat membunuhnya serta pengetahuannya akan setiap jenis racun cukup mampu menghantarkannya sebagai ratu selanjutnya. Arsinoe adalah seorang naturalis kemampuannya adalah membuat kuntum mawar merekah indah bahkan sebelum waktunya hingga mengendalikan singa yang paling ganas. 

Sayangnya kemampuan yang mereka asah sejak kecil dalam keadaan terpisah dan diasuh oleh keluarga yang berbeda ini tujuannya adalah untuk saling membunuh. Siapakah yang akan berdiri paling akhir dengan gelar ratu dan kelicikan seperti apa yang akan bermain dalam proses perebutan tahta ini atau akankah kerinduan yang mereka rasaakan saat akhirnya bertemu kembali akan merubah jalan cerita dan keadaan? yang jelas series ini juga sangat memukau dan layak untuk dinikmati.


Series A Court of Mist and Fury, Sarah J. Maas

Novel ini juga salah satu favorit yang aku pernah baca, mengkisahkan Feyre seorang gadis manusia yang tanpa sengaja masuk ke dunia penuh misteri dimana hanya dia satu-satunya manusia fana disana. Feyre kemudian terjebak dalam cinta segitiga bersama Tamlin dan Rhysand dua tuan agung dengan kekuatan kegelapan yang berbeda. Perjalanan hidup kedua lelaki yang berliku ini memberikan karakter yang berbeda dalam mencintai serta melindungi apa yang menurut mereka berharga. 

Koleksi pribadi


Di buku pertama kita akan menikmati konflik percintaan antara Tamlin dan Fayre. Tak pelak para pembaca akan jatuh cinta pula dengan Tamlin yang tampan dan penuh misteri namun karakter Rhysand yang dingin dan gelap selalu mengusik hati. Di tengah kungkungan sang tirani Amarantha kisah mereka terus berputar naik turun.  Hingga di buku kedua kita akan di tampar kenyataan akan fakta yang sedikit demi sedikit mulai terbuka. 

Yang menarik dari kisah di novel  ini adalah kuatnya karakter yang dibangun oleh penulis. sebagai mahluk fana yang terpaksa melaksanakan ritual menjadi peri demi bertahan hidup dan meraih cinta sejati Feyre adalah gambaran sosok wanita yang akhirnya dipaksa kuat setelah melewati keadaan yang mengerikan dan tercabut dari kehidupan nyamannya sebagai manusia biasa. Terlempar di negeri yang tak ia kenali menjadikan diri sendiri adalah satu-satunya teman bertahan dan menguatkan. 


Inilah 4 novel fantasi yang rekomended banget untuk dibaca, bagi kalian yang suka cerita fantasi kira-kira ada novel lain yang bisa di bagi tahu? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar